Kontrol Pilek & Batuk Ringan Sekarang Juga !

Kesehatan

Membuat kita pilek, bersin-bersin dan tenggorokan gatal serta batuk yang mengganggu, common cold atau selesma kerap kali mendatangi kita tak kenal waktu. Pada anak-anak, selesma dapat terjadi tiga hingga delapan kali setahun. Dan selesma merupakan aladan nomor satu orangtua membawa anak mereka ke dokter.

 

Gejala Selesma

Awalnya kita akan merasa gatal pada tenggorokan, hidung meler atau tersumbat serta bersin-bersin. Tak hanya itu, biasanya tubuh akan terasa lebih cepat lelah, kehilangan nafsu makan, sakit kepala dan juga batuk.

Ketika pertama kali kuman penyebab flu menginfeksi hidung dan saluran sinus, hidung mengeluarkan lendir bening. Ini membantu mengeluarkan kuman dari dalam hidung dan saluran sinus. Setelah dua atau tiga hari, sistem kekebalan tubuh melawan, mengubah warna lendir menjadi putih atau kuning. Dan ketika bakteri baik mulai berkembang biak lagi di dalam hidung, warna lendir berubah menjadi kehijauan. Ini sangatlah normal jadi anda tidak perlu buru-buru mengonsumsi antibiotik.

 

Konsultasi Ke Dokter Jika:

  • disertai demam yang berlangsung lebih dari 3 hari
  • tubuh lesu, lemas dan menggigil
  • lendir semakin kental dengan warna kehijauan, berlangsung selama 2 minggu. ini tandanya infeksi ditumpangi bakteri
  • jarang buang air kecil atau kurang minum
  • dahak disertai bercak darah
  • gejala telah dirasakan lebih dari 10 hari

Antibiotik Diperlukan Jika:

Karena batuk pilek ringan disebabkan oleh virus, antibiotik tidak akan menyembuhkannya. Hidung meler atau selesma hampior selalu sembuh dengan sendirinya, jadi sebaiknya anda menunggu dan mengonsumsi antibiotik jika diperlukan saja. Mengonsumsi antiobiotik di saat tubuh tidak membutuhkannya dapat berbahaya bagi kesehatan.

Tiap kali anda atau anak anda mengonsumsi antibiotik, bakteri yang umumnya hidup di dalam tubuh (di dalam kulit, saluran pencernaan, mulut, hidung, dll) akan kebal terhadapnya. Antibiotik umum tidak dapat menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang sudah kebal tersebut

 

Bagaimana Caranya Sembuh?

  • Istirahat yang cukup
  • Mengonsumsi makanan bergizi serta buah-buahn yang mengandung vitamin C
  • Jika pilek mengganggu aktivitas, minumlah segelas air hangat. Ini akan melegakan hidung karena lendir akan menjadi lebih encer
  • Inhalasi tradisional. Isi baskom dengan air panas lalu berikan beberapa tetes minyak angin. lalu hiruplah uapnya
  • Ringankan gejala selesma dengan mengonsumsi obat pereda flu yang dijual bebas

 

Pertolongan Pertama Menggunakan Obat Tradisional

  • Pilek
  1. Buatkan minuman hangat seperti beras kencur atau jeruk peras
  2. Parut bawang merah kemudian tempelkan pada tulang leher ke-7 (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak, sebelumnya diolesi minyak telon atau kayu putih
  • Batuk Berlendir

Buat ramuan yang terdiri dari 1 siung bawang putih yang diparut ditambah masing-masing 1 sendok makan air jahe, air kunyit, air jeruk nipis, madu dan 3 sendok makan air matang. Kukuslah campuran bahan-bahan ini lalu minum 3-4 kali sehari 2 sendok teh.

  • Dahak Susah Keluar

Parut 1 butir bawang merah dan 1 ruas jahe kemudian peras, ambil airnya. Campur dengan perasan dari 7 butir adas manis dan parutan 1 ruas kunyit. Kemudian tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 1/2 gelas air. Lalu kukus dan saring, kemudian konsumsi sebnayak 2 sendok teh 3 kali sehari.

Iklan

2 pemikiran pada “Kontrol Pilek & Batuk Ringan Sekarang Juga !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s