Olah Tubuh untuk Otak

Kesehatan, Tips

Kegiatan-kegiatan ini bisa kita lakukan untuk membantu memperbaiki proses berpikir, termasuk  bagi anda yang kesulitan berpikir secara fresh atau membantu anak-anak penderita autisme untuk mengurangi gejala dan keluhannya:

  • Lakukan olah fisik yang melibatkan latihan pernapasan. Makin baik sistem pernapasan, maka makin baik pula aliran oksigen ke darah dan kemudian ke otak.
  • Lakukan olah fisik yang bervariasi dan melibatkan semua otot tubuh, terutama yang melibatkan koordinasi otot, postur dan keseimbangan tubuh.
  • Sesering mungkin lakukan olah fisik untuk oto motorik halus, seperti otot-otot jemari.
  • Olah fisik yang melibatkan konsentrasi pikiran akan lebih mempertinggi daya ingat. Tari saman dari Aceh adalah contoh olah fisik paling baik untuk melatih koordinasi, konsentrasi, keseimbangan dan postur.
  • Latihlah tubuh untuk menyesuaikan dengan posisi duduk dan berdiri secara bergantian. Max Vercruysen dari Universitas Southern California menemukan kasus, ketika seseoran berdiri, akan terjadi peningkatan denyut jantung rata-rata 10 denyutan setiap menit. Artinya, dibandingkan dengan duduk, posisi berdiri lebih banyak mengalirkan darah dan oksigen ke otak.
  • Lakukan olah fisik yang melibatkan lebih dari dua indra. Sebab, seluruh bagian otak akan teraktivasi secara bersama-sama.
  • latih tubuh untuk melakukan proses relaksasi. Relaksasi dapat membuat pernapasan, denyut jantung dan gelombang otak relatif lebih stabil untuk membantu proses konsolidasi informasi di otak.
Iklan

Satu pemikiran pada “Olah Tubuh untuk Otak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s