Rating pada suatu Game | Rating Game

Pengetahuan

Banyak anak-anak kecil bermain game yang menampilkan adegan kekerasan atau adegan orang dewasa. Wajarkah itu?  Oleh karena itu pembuat game menandai gamenya tersebut dengan rating game. rating dari sebuah game adalah sebuah hasil penilaian tentang game tersebut. Kemudian, siapa yang menilai ini semua? yang menilai adalah The Entertainment Software Rating Board yang disingkat ESRB.

Berikut adalah beberapa “ESRP Rating simbol” dan penjelasannya. Sebelumnya perlu diketahui simbol ini biasanya dipasang pada bagian depan dari kotak sebuah game.

Posisi Game Rating pada kotak game

EARLY CHILDHOOD

Titles rated EC (Early Childhood) memiliki isi yang mungkin cocok untuk usia 3 dan lebih tua. Tidak mengandung materi yang tidak pantas.

EVERYONE

Titles rated E (Everyone) memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 6 dan lebih tua. Judul-judul dalam kategori ini mungkin berisi sedikit kartun, fantasi atau kekerasan ringan dan menggunakan bahasa yang ringan.

EVERYONE 10+

Titles rated E10 + (Everyone 10 dan lebih tua) memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 10 dan lebih tua. Judul-judul dalam kategori ini mungkin berisi lebih banyak kartun, fantasi atau kekerasan ringan, bahasa yang ringan atau minimal menggunakan tema sugestif.

TEEN

Titles rated T (Teen) memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 13 dan lebih tua. Judul-judul dalam kategori ini mungkin mengandung kekerasan, tema sugestif, humor kasar, sedikit darah, simulasi perjudian, dan menggunakan bahasa yang kuat.

MATURE

Titles rated M (Mature) memiliki konten yang mungkin cocok untuk orang usia 17 dan lebih tua. Judul-judul dalam kategori ini mungkin berisi  kekerasan, darah dan darah kental, konten seksual dan menggunakan bahasa yang kuat.

ADULTS ONLY

Titles rated AO (Dewasa Only) memiliki konten yang hanya boleh dimainkan oleh orang-orang 18 tahun dan lebih tua. Judul-judul dalam kategori ini mungkin termasuk adegan yang intens lama kekerasan atau grafik dengan konten seksual dan ketelanjangan.

RATING PENDING

Titles rated RP (Rating Pending) adalah sebuah rating yang diberikan kepada sebuah game yang sedang menunggu penilaian akhir. Simbol ini hanya muncul dalam iklan sebelum sebuah game dipasarkan.

(Tapi kenapa banyak anak-anak yang memainkan game yang sesuai dengan umurnya? Itu karena orang-orang dewasa yang tidak mengerti arti dari rating game.)  Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s